2014

Picture2Pada tanggal 20-25 April 2014 Mahasiswa Program Studi Rekayasa Hayati angkatan 2011, melakukan ekskursi ke Singapura. Dalam kegiatan tersebut, dilakukan kunjungan ke berbagai perusahaan diantaranya Alpha Biofuel Co. dan Neste Oil Co., dan Universitas di Singapura diantaranya National University of Singapore dan Nanyang University. Tujuan dilakukannya ekskursi adalah untuk memperluas wawasan mahasiswa mengenai aplikasi ilmu rekayasa hayati dalam perkembangan bioindustri.

Singapura dipilih karena negara tersebut merupakan salah satu negara maju di ASEAN. Selain itu, Singapura memiliki institusi dan industri yang sudah dapat berkolaborasi dan mengaplikasikan bidang rekayasa hayati dengan sangat baik.

Picture5Dalam kunjungan ke Alpha Biofuel Co., mahasiswa belajar mengenai mekanisme pembuatan biodiesel dari limbah minyak goreng bekas pakai. Perusahaan Alpha Biofuel Co., telah berkolaborasi dengan lebih dari 200 organisasi untuk menjalankan sebuah program ”waste oil for fuel”. Pada tahun 2014, perusahaan ini telah ambil bagian sebagai penyuplai solar dari limbah minyak goreng untuk keperluan Youth Olympic Games 2014.

Selain belajar mengenai pengolahan limbah untuk menghasilkan bahan bakar alternatif, dalam kunjungannya ke Neste Oil Co. mahasiswa juga belajar mengenai teknologi pembuatan renewable diesel.

Picture8Renewable diesel adalah generasi baru dari biofuel. Biofuel dibuat melalui proses esterifikasi sementara renewable diesel dibuat melalui proses parafinik. Perusahaan yang beroprasi sejak tahun 2010 ini memproduksi renewable diesel dari bahan baku lemak hewan, crude palm oil, minyak goreng bekas pakai dan biomassa lain dengan kapasitas produksi mencapai satu juta ton pertahun.

Selain kunjungan industri, mahasiswa juga mengunjungi beberapa Universitas di Singapura diantaranya National University of Singapore (NUS) dan Nanyang University (NTU). Dalam kunjungan ke School of Chemical and Biomedicalengineering NTU, peserta disambut Sierin Liem, Asisten Profesor Divisi Bioengineering. Bersama-sama dengan peserta dari Ngee Ann Politechnic University of Singapore, mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai program studi Biomedical Engineering, meliputi proses perkuliahan hingga lapangan pekerjaan yang terbuka untuk lulusan program studi tersebut..  Setelah presentasi selesai, mahasiswa diajak berkeliling ke ruang kuliah, ruang kultur, laboratorium, dan ruang kuliah umum.