| No |
Capaian Pembelajaran |
Indikator |
| A |
Kemampuan menerapkan pengetahuan sains, matematika dan teknologi informasi sebagai landasan pemahaman menyeluruh prinsip dan pendekatan perekayasaan biosistem |
(A-1) Mampu menerapkan pengetahuan sains |
| (A-2) Mampu menerapkan prinsip matematika |
| (A-3) Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan prinsip dasar rekayasa |
| B |
Kemampuan merancang sistem proses dan operasi produksi berbasis sumber daya hayati lokal dan nasional dalam menghasilkan bioproduk dengan perolehan, produktivitas dan kualitas yang tinggi dan ekonomis dengan menerapkan prinsip biorefinery |
(B-1) Mampu mengindentifikasi potensi sumber daya hayati |
| (B-2) Mampu merancang sistem proses dan operasi untuk menghasilkan bioproduk |
| (B-3) Mampu menerapkan prinsip biorefinery |
| C |
Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen serta menganalisis dan menginterpretasikan data sebagai basis evaluasi perekayasaan |
(C-1) Mampu merancang dan melaksanakan eksprimen |
| (C-2) Mampu menganalisis dan menginterprestasikan data sebagai basis evaluasi perekayasaaan |
| D |
Kemampuan untuk mengidentifikasi, menyusun dan menyelesaikan permasalahan kerekayasaan hayati |
(D-1) Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa hayati |
| (D-2) Mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan kerekayasaan hayati |
| E |
Kemampuan menerapkan prinsip, pendekatan serta menggunakan piranti teknik terkini dalam pengembangan industri berbasis hayati |
(E-1) Mampu menerapkan prinsip dan pendekatan yang terkait dengan pengembangan bioindustri |
| (E-2) Mampu menggunakan piranti teknik terkini yang yang relevan dengan pengembangan bioindustri |
| F |
Kemampuan berkomunikasi ilmiah (scientific communication skill) secara tertulis dan lisan dengan efektif |
(F-1) Mampu menulis laporan ilmiah dengan baik |
| (F-2) Mampu berkomunikasi secara lisan dengan efektif |
| G |
Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas akhir penelitian dan pra-rancangan dalam kondisi fasilitas yang tersedia |
(G-1) Mampu merencanakan dan menyelesaikan tugas akhir penelitian dalam kondisi fasilitas yang tersedia |
| (G-2) Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas akhir pra-rancangan sistem produksi hayati sesuai dengan standar keteknikan |
| H |
Kemampuan beradaptasi dalam lingkungan budaya yang beragam dan bekerja mandiri maupun dalam kelompok secara efektif, baik dalam satu bidang maupun lintas bidang ilmu |
(H-1) Mampu bekerja secara mandiri dengan efektif |
| (H-2) Mampu beradaptasi dan berkerja dengan baik dalam kelompok |
| I |
Kemampuan mempraktekkan nilai-nilai tanggung jawab dengan menganalisis dan memberikan solusi terhadap dampak dari penerapan kerekayasaan terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan serta tanggap terhadap kebutuhan masyarakat |
(I-1) Mampu menganalisis dan memberikan solusi terhadap masalah yang terkait dengan kerekayasaan |
| (I-2) Mampu menjelaskan dampak dari solusi rekayasa terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan |
| J |
Kemampuan menunjukkan kesadaran pentingnya pendidikan seumur hidup dengan pola pikir proaktif, sistematis, kreatif, kritis dan inovatif |
(J-1) Mampu mengidentifikasi pentingnya kebutuhan pendidikan sepanjang hayat |
| (J-2) Mampu menyelesaikan permasalahan dengan pola pikir proaktif, sistematis, kreatif, kritis dan inovatif |