Enter your keyword

[:id]Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran[:en]Educational Objectives and Program Learning Outcomes[:]

[:id]

Profil Profesional Mandiri

Program Studi Rekayasa Hayati berupaya menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kriteria berikut :

  1. Menjadi profesional yang mempraktekkan prinsip-prinsip dan pendekatan kerekayasaan hayati di bioindustri
  2. Menjadi individu yang efektif dan tangguh dengan menunjukkan karakter kepemimpinan yang baik di tempat dia bekerja
  3. Menjadi individu yang berkembang dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di bidang rekayasa industri berbasiskan hayati ataupun bidang studi yang relevan lainnya, di sertifikasi atau pelatihan profesi, dan secara aktif terlibat dalam kegiatan pengembangan profesi dalam pekerjaannya

Learning Outcomes

A. Kemampuan menerapkan pengetahuan sains, matematika dan teknologi informasi sebagai landasan pemahaman menyeluruh prinsip dan pendekatan perekayasaan biosistem.

B. Kemampuan merancang sistem proses dan operasi produksi berbasis sumber daya hayati lokal dan nasional dalam menghasilkan bioproduk dengan perolehan, produktivitas dan kualitas yang tinggi dan ekonomis dengan menerapkan prinsip biorefinery

C. Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen serta menganalisis dan menginterpretasikan data sebagai basis evaluasi perekayasaan.

D. Kemampuan untuk mengidentifikasi, menyusun dan menyelesaikan permasalahan kerekayasaan hayati.

E. Kemampuan menerapkan prinsip, pendekatan serta menggunakan piranti teknik terkini dalam pengembangan industri berbasis hayati.

F. Kemampuan berkomunikasi ilmiah (scientific communication skill) secara tertulis dan lisan dengan efektif.

G. Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas akhir penelitian dan pra-rancangan dalam kondisi fasilitas yang tersedia.

H. Kemampuan beradaptasi dalam lingkungan budaya yang beragam dan bekerja mandiri maupun dalam kelompok secara efektif, baik dalam satu bidang maupun lintas bidang ilmu.

I. Kemampuan mempraktekkan nilai-nilai tanggung jawab dengan menganalisis dan memberikan solusi terhadap dampak dari penerapan kerekayasaan terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan serta tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.

J. Kemampuan menunjukkan kesadaran pentingnya pendidikan seumur hidup dengan pola pikir proaktif, sistematis, kreatif, kritis dan inovatif.

Korelasi antara Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran

INDIKATOR CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI REKAYASA HAYATI

Learning Outcomes Indikator
A.      Kemampuan menerapkan pengetahuan sains, matematika dan teknologi informasi sebagai landasan pemahaman menyeluruh prinsip dan pendekatan perekayasaan biosistem. Mahasiswa mampu menerapkan pengatahuan sains, mampu menerapkan prinsip matematika dan mampu mengplikasikan teknologi informasi dan prinsip dasar rekayasa
B.      Kemampuan merancang sistem proses dan operasi produksi berbasis sumber daya hayati lokal dan nasional dalam menghasilkan bioproduk dengan perolehan, produktivitas dan kualitas yang tinggi dan ekonomis dengan menerapkan prinsip biorefinery. Mahasiswa mampu mengindentifikasi potensi sumber daya hayati, mampu merancang sistem proses dan operasi untuk menghasilkan bioproduk, dan mampu menerapkan prinsip biorefinery
C.      Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen serta menganalisis dan menginterpretasikan data sebagai basis evaluasi perekayasaan Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan eksprimen serta mampu menganalisis dan menginterprestasikan data sebagai basis evaluasi perekayasaaan
D.      Kemampuan untuk mengidentifikasi, menyusun dan menyelesaikan permasalahan kerekayasaan hayati. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa hayati serta mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan kerekayasaan hayati
E.       Kemampuan menerapkan prinsip, pendekatan serta menggunakan piranti teknik terkini dalam pengembangan industri berbasis hayati. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip dan pendekatan yang terkait dengan pengembangan bioindustri dan Mampu menggunakan piranti teknik terkini yang yang relevan dengan pengembangan bioindustri
F.       Kemampuan berkomunikasi ilmiah (scientific communication skill) secara tertulis dan lisan dengan efektif. Mahasiswa menulis laporan ilmiah dengan baik dan berkomunikasi secara lisan dengan efektif  
G.      Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas akhir penelitian dan pra-rancangan dalam kondisi fasilitas yang tersedia. Mahasiswa merencanakan dan menyelesaikan tugas akhir penelitian dalam kondisi fasilitas yang tersedia dan mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas akhir pra-rancangan sistem produksi hayati sesuai dengan standar keteknikan
H.      Kemampuan beradaptasi dalam lingkungan budaya yang beragam dan bekerja mandiri maupun dalam kelompok secara efektif, baik dalam satu bidang maupun lintas bidang ilmu. Mahasiswa mampu bekerja secara mandiri dengan efektif dan serta mampu beradaptasi dan berkerja dengan baik dalam kelompok
I.         Kemampuan mempraktekkan nilai-nilai tanggung jawab dengan menganalisis dan memberikan solusi terhadap dampak dari penerapan kerekayasaan terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan serta tanggap terhadap kebutuhan masyarakat. Mahasiswa mampu memnganalisis dan memberikan solusi terhadap masalah yang terkait dengan kerekayasaan serta Mampu menjelaskan dampak dari solusi rekayasa terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan
J.        Kemampuan menunjukkan kesadaran pentingnya pendidikan seumur hidup dengan pola pikir proaktif, sistematis, kreatif, kritis dan inovatif. mahasiswa mampu mengidentifikasi pentingnya kebutuhan pendidikan sepanjang hayat serta mampu menyelesaikan permasalahan dengan pola pikir proaktif, sistematis, kreatif, kritis dan inovatif

Hasil Evaluasi Assessmen Capaian Pembelajaran

Hasil Asesmen Capaian Pembelajaran 2018-2019

Hasil Asesmen Capaian Pembelajaran 2019-2020

Hasil Asesmen Capaian Pembelajaran 2020-2021[:en]

Educational Objectives

  1. To become a professional who applies the bio-based engineering principles and approaches in bio-industry.
  2. To become an individual who is effective and strong by showing great leadership at work.
  3. To become a developing individual who continues to study at the higher level in bio-based industrial engineering or other relevant subjects, in certified or professional training, and actively involved in professional development activity in his/her profession.

Program Learning Outcomes

The Study Program Learning Outcomes are:

  1. Ability to apply sciences, mathematics, and information technology as the bases of a comprehensive understanding of bio-system engineering principle and approach.
  2. Ability to design the processing system and production operation based on local and national biological resource in generating bio-product with high and economical yield, productivity, and quality through the application of the bio-refinery principle.
  3. Ability to design and conduct experiment also analyze and interpret data as the basis of engineering evaluation.
  4. Ability to identify, arrange and solve bio-engineering problems.
  5. Ability to apply the principle, approach, and utilize the latest technical device in developing the bio-based industry.
  6. Ability to communicate scientifically both written and verbal effectively.
  7. Ability to plan, finish, and evaluate the final research and preliminary design assignments using the available facilities.
  8. Ability to adapt to a diverse cultural environment and to work independently or in a group effectively, both in the same and cross field of science.
  9. Ability to demonstrate responsibilities by analyzing and giving a solution towards the impact of engineering application in social, economy, and environment also be responsive to community needs.
  10. Ability to show the importance of lifelong learning with proactive, systematic, creative, critical and innovative mindset.

[:]

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

en_USEnglish
X