Enter your keyword

Lokakarya Asesmen dan Temu Awal Semester Prodi Rekayasa Hayati Tahun Ajaran 2022/2023.

Lokakarya Asesmen dan Temu Awal Semester Prodi Rekayasa Hayati Tahun Ajaran 2022/2023.

Lokakarya Asesmen dan Temu Awal Semester Prodi Rekayasa Hayati Tahun Ajaran 2022/2023.

Pada Senin, 15 Agustus 2022 pukul 09.00-11.00 WIB telah diselenggarakan kegiatan Lokakarya Asesmen dan Temu Awal Semester Prodi Rekayasa Hayati Tahun Ajaran 2022/2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid di ruang rapat lantai 1 Labtek 1A ITB Jatinangor dan via zoom meetings. Kegiatan ini dihidari oleh 12 dosen dari lingkungan prodi Rekayasa Hayati yaitu Prof. Robert Manurung, Dr. Muhammad Yusuf Abduh, Dr. Ir. Yooce Yustiana, Ir, V. Sri Harjati Suhardi, Ph.D., Acep Purqon, S.Si., M.Si., Ph.D., Dr. Rina Ratnasih, Dr. Ir. Dadang Sumardi, Lili Melani, Ph.D., Khairul Hadi Burhan, S.T., M.T., Khalilan Lambangsari, S.T., M.Si., Mochamad Firmansyah, S.T., M.Si., dan Novi Tri Astutiningsih, S.Si., M.Si.

Pemaparan pada kegiatan ini dilakukan oleh Dr. Muhammad Yusuf Abduh yang membahas beberapa topik diantaranya hasil asesmen capaian pembelajaran mata kuliah TA. 2021-2022, mekanisme pelaksanaan kuliah luring semester 1 TA. 2022-2023, tugas akhir seminar & sidang akhir, rekrutmen asisten praktikum Semester 1 TA. 2022-2023, dan reakreditasi IABEE serta dilanjutkan dengan sesi diskusi. Hasil asesmen capaian pembelajaran secara garis besar sudah tercapai dengan baik dengan nilai threshold 3 dari 4. Terdapat evaluasi untuk mata kuliah BE4107 Kesehatan dan Keselamatan Kerja di Bioindustri dimana hasil kuesioner yang masih kurang dari nilai threshold. Solusi dari kendala tersebut adalah dengan peningkatan koordinasi berbagai pihak supaya hal tersebut dapat teratasi. Selain itu pada mata kuliah tersebut juga mendapat saran dari dosen pengampu bahwa penempatan mata kuliah tersebut lebih dirasa sesuai jika diperoleh mahasiswa tingkat 4 pada semester 7 dibandingkan pada tingkat 3 di semester 5 perlunya pemahaman dan pengetahuan mahasiswa terdahap mata kuliah lainnya yang berkesesuaian dengan mata kuliah tersebut. Selain itu terdapat pula saran untuk mata kuliah BE3108 Instrumentasi dan Pengendalian Sistem Hayati yang sebelumnya mengadakan tutorial serupa praktikum agar dapat disesuaikan ke SAPnya untuk dapat menjadi mata kuliah dengan SKS praktikum.

Pembahasan selanjutnya mengenai nilai tugas akhir mahasiswa dimana diinfokan mengenai tenggat waktu pergantian nilai tugas akhir sebelum memasuki semester baru. Pembahasan dilanjutkan dengan mekanisme kuliah luring sesuai instruksi WRAM yang akan efektif diterapkan mulai di semester 1 TA. 2022-2023. Kuliah luring dilaksanakan dengan teknis dosen mengajar secara langsung dari kampus dan dihadiri mahasiswa yang juga secara luring. Selanjutnya pembahasan mengenai rekrutmen asisten praktikum prodi rekayasa hayati untuk mata kuliah BE3104 Praktikum Laboratorium: Rekyasa Hayati-I, BE3106 Teknik Fermentasi, BE3111 Analisis Bahan Alam, dan BE4105 Plant Growth Modelling. Pembahasan terakhir adalah mengenai reakreditasi IABEE dimana progres saat ini adalah membahas surat kunjungan evaluasi akreditasi yang akan dilaksanakan pada 10-12 November 2022. Secara keseluruhan rangkaian lokakarya asesmen dan temu awal program studi rekayasa hayati berjalan dengan baik. Diharapkan pelaksanaan perkuliahan semester 1. TA 2022-2023 juga dapat berjalan dengan baik.

id_IDIndonesian
X