Presentasi Kreatif, Metode Pembelajaran untuk Mengatasi Kejenuhan Perkuliahan Daring

Penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran sudah menjadi bagian hidup mahasiswa untuk meningkatkan minat belajar masa kini, karena Internet memberi kemungkinan pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran. Salah satunya adalah Youtube. Youtube dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk video untuk mengurangi kejenuhan proses pembelajaran materi tekstual yang jika dilakukan terus menerus akan menjadi monoton selama kebijakan kuliah daring. Hal itulah yang coba dilakukan dalam kuliah Prinsip-Prinsip Pemisahan Bioproduk dan Peristiwa Perpindahan Sistem Hayati yang diampu oleh Dr. Muhammad Yusuf Abduh. Mahasiswa diarahkan untuk turut aktif dalam proses pembelajaran kuliah daring dengan menyiapkan video presentasi kreatif untuk menjelaskan materi Prinsip-Prinsip Pemisahan Bioproduk dan Peristiwa Perpindahan Sistem Hayati yang dikaitkan dengan kegiatan atau kasus yang sering mahasiswa temui dalam kegiatan sehari-hari. Pembuatan video presentasi kreatif ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi mahasiswa selama masa kuiah daring serta mempertahankan, meningkatkan semangat, dan kemauan belajar mahasiswa.

Salah satunya adalah Dinda Dwi bersama teman-temannya yang membuat video presentasi kreatif yang menghubungkan prinsip pemisaahan bioproduk dengan kisah percintaan anak muda yang menjalani LDR (Long Distance Relationship) namun kisah asmaranya harus kandas di tengah jalan dan bejuang untuk move on yang dikaitkan dengan tahapan yang ada di bioseparasi seperti removal of insoluble, isolation, purification, dan polishing. Dalam pengerjaannya, Dinda bersama teman-temannya saling membagi peran untuk menjadi 2 orang pasangan, pengulas materi, dan 3 orang pengatur alur jalannya cerita dengan cara bergosip yang menghubungkan materi penjelasan di kelas dengan kisah dari pasangan yang sedang menjalani LDR tersebut (Gambar 1). Sementara untuk mata kuliah Peristiwa perpindahan mereka mengambil tema Indonesia Idol Home Audition dimana setiap mahasiswa mengikuti audisi kontes musik dengan membawakan lagu bertema materi perkuliahan yang mereka ciptakan sendiri untuk membantu teman-teman yang lain lebih mudah mengingat materi yang telah diajarkan sebelumnya.

Kedua konsep tersebut pun dipilih karena ingin membawakan materi dengan sesuatu yang ringan dan umum terjadi di kalangan mahasiswa, seperti masalah putus cinta yang sering dialami generasi muda dan acara televisi yang selalu ditunggu generasi muda setiap minggunya. Saat pengambilan gambar pun Dinda dan teman-teman berupaya untuk selalu menikmatinya agar hasil acting yang dibawakan terlihat natural. Menurutnya mengerjakan tugas kelompok dan membuat video dengan terpisah jarak bersama teman-teman lainnya menjadi kesulitan dan tantangan tersendiri, kerena diskusi yang hanya bisa dilakukan secara video call, pembuatan naskah dengan memanfaatkan fitur google docs, dan pengambilan gambar yang harus diambil masing-masing menyebabkan resolusi gambar yang diambil menjadi berbeda-beda sehingga membutuhkan trik khusus saat penuntingan video.

Gambar 1. Cuplikan Video Creative Presentation

Menurut Dinda, meskipun dalam persiapan dan pembuatan videonya hanya mempunyai waktu yang singkat, tetapi banyak hal dapat diperoleh, seperti menjadi lebih dekat dengan teman seangkatan meskipun terhalang dengan jarak yang jauh serta dapat melihan sisi lain dari konsep bioseparasi, dan menjadi lebih memahami materi karena mahasiswa berupaya untuk mengaitkan konsep bioseparasi dengan kehidupan sehari-hari. Dengan adanya tugas ini pun membuat mahasiswa menjadi lebih rileks dalam mengikuti materi perkuliahan, karena materi presentasi dibawakan dengan santai dan lebih menyenangkan, tidak kaku seperti materi presentasi pada umumnya. Melalui tugas ini pun Dinda berharap agar model presentasi ini akan ada juga di mata kuliah lainnya, supaya mengurangi ketegangan mahasiswa di kelas dan dapat mengikuti kelas secara serius namun tetap santai, karena hal ini sangat membantu untuk memahami materi kuliah yang lumayan sulit dipahami, serta membuat mahasiswa tidak cepat bosan di kelas.

Video 1. Presentasi Kreatif Mata Kuliah Prinsip-Prinsip Pemisahan Bioproduk
Video 2. Presentasi Kreatif Mata Kuliah Peristiwa Perpindahan Sistem Hayati

Berita Terkait

EnglishIndonesia