Enter your keyword

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Program Studi Rekayasa Hayati

  • A. Kemampuan menerapkan pengetahuan sains, matematika dan teknologi informasi sebagai landasan pemahaman menyeluruh prinsip dan pendekatan perekayasaan biosistem.
  • B. Kemampuan merancang sistem proses dan operasi produksi berbasis sumber daya hayati lokal dan nasional dalam menghasilkan bioproduk dengan perolehan, produktivitas dan kualitas yang tinggi dan ekonomis dengan menerapkan prinsip biorefinery
  • C. Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen serta menganalisis dan menginterpretasikan data sebagai basis evaluasi perekayasaan.
  • D. Kemampuan untuk mengidentifikasi, menyusun dan menyelesaikan permasalahan kerekayasaan hayati.
  • E. Kemampuan menerapkan prinsip, pendekatan serta menggunakan piranti teknik terkini dalam pengembangan industri berbasis hayati.
  • F. Kemampuan berkomunikasi ilmiah (scientific communication skill) secara tertulis dan lisan dengan efektif.
  • G. Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas akhir penelitian dan pra-rancangan dalam kondisi fasilitas yang tersedia.
  • H. Kemampuan beradaptasi dalam lingkungan budaya yang beragam dan bekerja mandiri maupun dalam kelompok secara efektif, baik dalam satu bidang maupun lintas bidang ilmu.
  • I. Kemampuan mempraktekkan nilai-nilai tanggung jawab dengan menganalisis dan memberikan solusi terhadap dampak dari penerapan kerekayasaan terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan serta tanggap terhadap kebutuhan masyarakat.
  • J. Kemampuan menunjukkan kesadaran pentingnya pendidikan seumur hidup dengan pola pikir proaktif, sistematis, kreatif, kritis dan inovatif.

Korelasi Profil Profesional Mandiri dan Capaian Pembelajaran

Pemetaan PPM terhadap CP

Indikator Capaian Pembelajaran Program Studi Rekayasa Hayati

No Capaian Pembelajaran Indikator
A Kemampuan menerapkan pengetahuan sains, matematika dan teknologi informasi sebagai landasan pemahaman menyeluruh prinsip dan pendekatan perekayasaan biosistem (A-1) Mampu menerapkan pengetahuan sains
(A-2) Mampu menerapkan prinsip matematika
(A-3) Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan prinsip dasar rekayasa
B Kemampuan merancang sistem proses dan operasi produksi berbasis sumber daya hayati lokal dan nasional dalam menghasilkan bioproduk dengan perolehan, produktivitas dan kualitas yang tinggi dan ekonomis dengan menerapkan prinsip biorefinery (B-1) Mampu mengindentifikasi potensi sumber daya hayati
(B-2) Mampu merancang sistem proses dan operasi untuk menghasilkan bioproduk
(B-3) Mampu menerapkan prinsip biorefinery
C Kemampuan merancang dan melaksanakan eksperimen serta menganalisis dan menginterpretasikan data sebagai basis evaluasi perekayasaan (C-1) Mampu merancang dan melaksanakan eksprimen
(C-2) Mampu menganalisis dan menginterprestasikan data sebagai basis evaluasi perekayasaaan
D Kemampuan untuk mengidentifikasi, menyusun dan menyelesaikan permasalahan kerekayasaan hayati (D-1) Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan rekayasa hayati
(D-2) Mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan kerekayasaan hayati
E Kemampuan menerapkan prinsip, pendekatan serta menggunakan piranti teknik terkini dalam pengembangan industri berbasis hayati (E-1) Mampu menerapkan prinsip dan pendekatan yang terkait dengan pengembangan bioindustri
(E-2) Mampu menggunakan piranti teknik terkini yang yang relevan dengan pengembangan bioindustri
F Kemampuan berkomunikasi ilmiah (scientific communication skill) secara tertulis dan lisan dengan efektif (F-1) Mampu menulis laporan ilmiah dengan baik
(F-2) Mampu berkomunikasi secara lisan dengan efektif
G Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas akhir penelitian dan pra-rancangan dalam kondisi fasilitas yang tersedia (G-1) Mampu merencanakan dan menyelesaikan tugas akhir penelitian dalam kondisi fasilitas yang tersedia
(G-2) Mampu merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas akhir pra-rancangan sistem produksi hayati sesuai dengan standar keteknikan
H Kemampuan beradaptasi dalam lingkungan budaya yang beragam dan bekerja mandiri maupun dalam kelompok secara efektif, baik dalam satu bidang maupun lintas bidang ilmu (H-1) Mampu bekerja secara mandiri dengan efektif
(H-2) Mampu beradaptasi dan berkerja dengan baik dalam kelompok
I Kemampuan mempraktekkan nilai-nilai tanggung jawab dengan menganalisis dan memberikan solusi terhadap dampak dari penerapan kerekayasaan terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan serta tanggap terhadap kebutuhan masyarakat (I-1) Mampu menganalisis dan memberikan solusi terhadap masalah yang terkait dengan kerekayasaan
(I-2) Mampu menjelaskan dampak dari solusi rekayasa terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan
J Kemampuan menunjukkan kesadaran pentingnya pendidikan seumur hidup dengan pola pikir proaktif, sistematis, kreatif, kritis dan inovatif (J-1) Mampu mengidentifikasi pentingnya kebutuhan pendidikan sepanjang hayat
(J-2) Mampu menyelesaikan permasalahan dengan pola pikir proaktif, sistematis, kreatif, kritis dan inovatif

Pemetaan Asesmen Prodi Rekayasa Hayati

id_IDIndonesian
X